Sekilas tentang Linux

13 Maret 2010 at 21:11 (Blog)

Linux adalah salah satu Operating System yang menggunakan lisensi GNU (baca: gratis). Linux bersifat open source dimana sistem ini kode sumbernya terbuka dan bebas dikembangkan oleh beberapa orang (grup atau komunitas). Berbeda dengan sistem operasi Windows yang komersil dan dimiliki suatu perusahaan (Microsoft), Linux bebas dikembangkan dan disebarkan. Linux pertama kali dibuat oleh salah satu mahasiswa dari Universitas Helsinki yaitu Linus Torvalds. 

Tux sebagai maskot dari OS Linux dibuat oleh Larry Ewing pada tahun 1996. Disebut Tux pertama kali oleh James Hughes yang diambil dari kata Trovalds Unix. Tux dibuat pertama kali untuk mengikuti lomba desain logo Linux. Walaupun tidak menjadi juara pada lomba tersebut, Trovalds memilih linux sebagai maskot (berdasarkan sumber yang tidak jelas, Trovalds pernah dipatuk pinguin saat pergi ke kebun binatang)

Konsep Dasar Linux

– Linux Gratis–> dapat diperbanyak serta didistribusikan kembali tanpa fee atau royalti, kalaupun dikenakan biaya itu sebagai ongkos pengganti cd. :)
– Sourcecode–> tersedia bagi semua orang & dapat dikembangkan setiap orang.
– Stabil–> dengan kemampuan manajemen prosesnya yang bagus, linux jarang terjadi crash.

– Multitasking, multiuser–> dpt mengerjakan lebih satu proses scr simultan dlm versi text.

– Kompatibilitas–> dpt berjalan mulai PC x86 keatas, dan mengenal tipe partisi dr SO lain.
– Networking–> Kemampuan networking yg bagus didukung dengan standar protokol TCP/IP.
– Sekuriti–> Keamanan linux dapat dibuat berlapis-lapis melalui firewall.
– Hierarki–> Linux tidak mengenal drive letter(A:,C: dsb), tetapi dg struktur file.
– File–> Semua dianggap sebagai file, bahkan hardware spt monitor, keyboard dsb.

Bagian Penting Linux
SO Linux terdiri dari kernel, program sistem dan beberapa program aplikasi.
Kernel, inti dari SO,mengatur penggunaan memori, piranti I/O, proses2, pemakaian file pada file system dll.Kernel juga menyediakan sekumpulan layanan yang digunakan untuk mengakses kernel yang disebut system call. System call ini digunakan untuk mengimplementasikan berbagai layanan yang dibutuhkan oleh sistem operasi.
Program sistem dan semua program-program lainnya yang berjalan di atas kernel disebut user mode.
program sistem, dibutuhkan agar suatu sistem operasi dapat berjalan, contoh daemon program aplikasi, dibutuhkan untuk menjalankan suatu aplikasi tertentu. contoh word processor

Kalau di Windows kita mengetahui jenis-jenisnya seperti Windows98, Windows XP, Windows Vista atau yang terakhir Windows 7, di Linux jenis-jenisnya juga banyak (biasa disebut dengan distro Linux). Ubuntu, Fedora Core, Suse merupakan beberapa jenis distro linux yang banyak dikenal para pengguna Linux. Masih banyak distro-distro linux lainnya yang memiliki fungsi dan tujuan tertentu.

Dari keterangan website distrowatch.com, Ubuntu merupakan sistem operasi Linux yang banyak digunakan, disusul Fedora, Mint, OpenSUSE dan Mandriva.

Ubuntu memang banyak digunakan dan dikembangkan komunitas-komunitas di dunia maya. Sebut saja Linux BlankOn yang merupakan sistem operasi buatan anak negeri Indonesia yang merupakan pengembangan dari Ubuntu. Bahkan ada Ubuntu Linux untuk kaum muslimin yang dahulu diberi nama Ubuntu ME (Muslim Edition) yang kemudian diganti namanya menjadi “Sabily”.

Ubuntu versi terbaru saat ini adalah Ubuntu 9.10 Karmic Koala, sedangkan Sabily 9.10 dinamakan Gaza. Banyak software-software hiburan (games), pendidikan dan Islami terdapat didalamnya. Software-softwarenya juga bebas dari yang namanya pembajakan (Piracy) berbeda dengan Windows yang mungkin banyak software-softwarenya diinstall dan dicrack (dibajak).

Nanti akan saya bahas juga cara menginstall Linux Ubuntu 9.10 pada tulisan saya berikutnya.

Linux menjadi alternatif sistem operasi di kala pembajakan sistem operasi  dan software-software komersil (Windows) semakin banyak di negeri kita ini.

Stop pembajakan dengan menggunakan Open Source software, salah satunya menggunakan sistem operasi Linux.

Viva Linux!!!

Diolah dari beberapa sumber…  http://adinugroho.wordpress.com, http://gandhiprima.wordpress.com, http://ivanjaya.net/2010/03/sekilas-tentang-linux/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: